Jumat, 02 November 2012

Minuman Herbal Produksi Program Lifeskill BPKB PNFI Prov. Kalsel 2012


Program Pendidikan Kecakapan Hidup melalui Pelatihan Pembuatan Aneka Minuman Herbal yang diselenggarakan oleh BPKB PNFI Kalimantan Selatan yang diawali pada tanggal 2 April 2012 telah berakhir. (lihat arsip blog bulan April 2012)
Kegiatan yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap ini diharapkan mampu membantu menaikkan taraf hidup mereka baik secara finansial maupun secara non financial. Sebagai penyelenggara program, kami dari BPKB PNFI masih mempunyai tanggung jawab dalam memantau atau memonitoring kegiatan para ibu-ibu lulusan pelatihan pembuatan aneka minuman herbal ini.Tujuan utama memonitoring atau melaksanakan pemantauan dari kegiatan ini adalah salah satunya adalah untuk mengikuti perkembangan jalannya program pembelajaran secara teratur dan terus menerus. Hingga program pembelajaran selesai sampai pada praktek pembuatan minuman herbal, kami tidak menemukan kendala yang berarti. Program berjalan lancar sesuai dengan jadwal. Namun, setelah program pembelajaran selesai dan diharapkan ibu-ibu tersebut bisa mandiri dalam melaksanakan usaha produksi minuman herbal, baru muncul keluhan dari mereka.
Keluhan ibu-ibu yang masih melanjutkan kegiatan mereka dalam mengolah minuman herbal ini adalah pemasaran. Pada awal pembuatan jamu atau minuman herbal ini mereka memasarkan di wilayah sekitar komplek di mana mereka tinggal, di sekolah-sekolah di mana mereka sambil menunggui anak mereka sekolah sambil menawarkan produk minuman herbal tersebut pada ibu-ibu lain yang juga menunggu anak-anak mereka, dan pada orang-orang yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Kemudian mereka tidak tahu lagi di mana memasarkan selain di sekolah-sekolah atau di toko-toko kecil. Mereka juga melayani pesanan jamu, walau yang memesan belum sebanyak yang diharapkan. 
Namun walaupun demikian, mereka masih bersemangat dalam memproduksi minuman herbal ini.

Mungkin masih sedikit yang mengetahui manfaat kunyit, jahe, dan sarang semut bagi kesehatan kita. Berikut sedikit informasi dari manfaat minuman herbal yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga peserta Program Pendidikan Kecakapan Hidup melalui Pelatihan Pembuatan Aneka Minuman Herbal binaan BPKB PNFI Provinsi Kalimantan Selatan :

KUNYIT
Kunyit memiliki kandungan aktif minyak atsiri, curcumin, polifenol dengan khasiat yang dimiliki adalah sebagai anti oksidan, antikolesterol, anti ketombe, mengatasi diare, kulit gatal, bengkak, panas dalam, hepatitis dan mual.



JAHE
Penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain:
  • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar serta memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak
  • Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

SARANG SEMUT
Sarang semut yang menjadi bahan dasar minuman herbal yang dimaksud bukanlah sarang yang dibuat oleh semut yang membentuk lubang-lubang di tanah atau tempat-tempat lain, namun ini adalah tumbuhan epifit (menempel pada tumbuhan lain yg lebih besar tetapi bukan parasit) yang batangnya menggelembung besar dimana di dalamnya banyak terdapat ruang atau rongga kecil yang dihuni semut.
 Satu tumbuhan sarang semut selalu dihuni oleh satu jenis semut. Tercatat, ada 26 jenis tumbuhan sarang semut. Dan tumbuhan sarang semut yang dipakai untuk pengobatan adalah spesies myrmecodia pendans. Jenis ini banyak tumbuh di daerah Wamena, Papua dan juga di Kalimantan Selatan.
Tumbuhan sarang semut yang dikemas dalam kapsul memiliki kemampuan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Ini disebabkan karena tumbuhan sarang semut mengandung berbagai senyawa aktif yg dapat menyembuhkan dan mengobati berbagai penyakit. Memang masih diperlukan berbagai penelitian untuk membuktikannya, namun masyarakat lokal telah merasakan sendiri khasiat tumbuhan ini.   
Inilah beberapa penyakit yang dapat di obati dengan tumbuhan sarang semut:
  • Kanker dan Tumor. Berbagai jenis kanker yang dapat diobati dengan sarang semut antara lain kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah.  Namun tumbuhan sarang semut tidak dapat menyembuhkan kanker tenggorokan dan rongga mulut.  Kemampuan tumbuhan ini menumpas kanker karena kandungan flavonoid-nya yg selalu melawan sel kanker.
  • Gangguan jantung terutama jantung koroner. Gangguan jantung terutama penyakit jantung koroner.  Tumbuhan ini mampu melawan penyakit jantung karena mengandung multi mineral seperti kalsium dan kalium.
  • Stroke ringan maupun berat. Pengobatan untuk penyakit stroke baik stroke ringan ataupun berat sangat berkaitan dengan kandungan multi mineral yang terkandung dalam tanaman sarang semut.
  • Ambeian (wasir). Kemampuan sarang semut untuk pengobatan  ambeien (wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi.  Kandungan senyawa ini dari beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.
  • Benjolan dalam payudara. Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma).  Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut.
  • Gangguan fungsi ginjal dan prostat. Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.
  • Haid dan keputihan. Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.
  • Melancarkan peredaran darah. Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.
  • Migren (sakit kepala sebelah). Untuk pengobatan migren berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam Sarang Semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.
  •  TBC. Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut yang berfungsi sebagai antivirus.
  • Rematik. Ini terkait dengan kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.
  • Gangguan alergi hidung, bersin-bersin, mimisan. Senyawa-senyawa yang bertanggung jawab terhadap gangguan ini adalah antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.
  • Sakit magh. Seperti halnya TBC, yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut sebagai antibakteri..
  • Meningkatkan mutu ASI (Air Susu Ibu). Kandungan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan, dan memulihkan kewanitaan (sari rapet).
  • Meningkatkan kesegaran dan stamina. Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dais tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam memulihkan kesegaran dan stamina tubuh.
  •  Meningkatkan gairah seksual. Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual ini. 

Bagi para pembaca yang berminat akan minuman herbal (kunyit, kuyit asam, sarang semut, dan jahe instant) produksi ibu-ibu rumah tangga ini, silakan menghubungi  Kantor BPKB PNFI Provinsi Kalimantan Selatan, Jl. A. Yani Km. 30 Guntung Payung - Banjarbaru - Kalimantan Selatan 70711.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar