Kamis, 16 April 2015

Manfaat Buah Naga


Beberapa waktu lalu, saya diajak teman untuk jalan-jalan ke kebun buah naga. Sepulang dari sana dibawain buah naga beberapa kilo, lumayan bisa bagi-bagi dengan teman-teman yang lain.
Buah naga menyimpan banyak manfaat. Kandungan buah naga yang perlu kita ketahui adalah:dalam 100 g buah naga mengandung kalori 60kkal, protein 0.3gram, karbohidrat 11.5gram, serat 0.71gram, kalsium 134.5mg, fosfor 87mg, zat besi 0.65mg, vitamin C 9.4mg, serta kandungan air sebanyak 90%.

Berikut beberapa manfaat buah naga yang saya kumpulkan dari beberapa sumber:

  1. Menurunkan berat badan. Bagi anda yang mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat dan rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.
  2. Sumber antioksidan dan bagus untuk detoks. Manfaat antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Dengan  mengkonsumsi buah naga, setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). 
  3. Mencegah kanker. Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2 serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Mencegah diabetes melitus. Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.
  6. Mencegah penuaan dini. Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi, maka anda terpotensi terkena penuaan dini. Anti oksidan yang ada di dalam  buah naga dapat membantu mencegah penuaan dini.
  7. Meringankan batuk dan asma. Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah naga bukan pengganti pengobatan, namun buah naga dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernapasan. Buah naga juga memiliki vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat sehingga anda dapat melawan infeksi lebih mudah.
  8. Mengurangi tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) yaitu stress dan penyumbatan arteri. Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya "membersihkan" bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya. Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stress oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.
  9. Baik untuk tulang dan darah. Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1% dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8% dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C-nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.
  10. Manfaat buah naga untuk konsumsi sehari-hari:
  • memperkuat tulang dan gigi
  • baik untuk membersihkan usus
  • mencegah peradangan
  • menjaga ion tubuh
  • baik untuk meningkatkan stamina
  • tidak mudah kram
  • mencegah kelumpuhan otot
  • baik untuk menjaga kelembaban kulit
  • menjaga kesehatan syaraf
  • baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
  • dapat digunakan sebagai pewarna alami (buah naga merah)
  • dapat mencegah kerapuhan tulang
  • menjaga kelancaran sistem peredaran darah
  • baik untuk mengobati panas dalam dan sariawan
  • baik untuk mengatasi tenggorokan kering
  • dapat menjaga kekencangan kulit wajah
Sampai saat ini belum ditemukan efek samping buah naga. Buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui, penderita diabates, penyakit jantung hingga penderita asma. Namun perlu diketahui bahwa satu-satunya efek yang akan anda terima apabila anda mengkonsumsi buah naga adalah air seni dan feses yang agak berubah warnanya menjadi kemerah-merahan.

Sumber: http://kesehatanbadaninfo.blogspot.com/2014/09/manfaat-buah-naga-merah-bagi-kesehatan.html , http://manfaat.co.id/manfaat-buah-naga


1 komentar: